Proposal Dana Bantuan


PROPOSAL
Dana Bantuan











Ditujukan untuk:
WALIKOTA TANGERANG SELATAN



Oleh:
PAUD MADINAH
YAYASAN MARGAYUANA
Sekretariat: Komplek Grand Residence Pondok Cabe Blok B4 No.1
Kec.Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telp. (021) 9827 1942 / 3764 1882
Tahun 2012
PAUD MADINAH
Sekretariat: Komplek Grand Residence Pondok Cabe Blok B4 No.1
Pamulang – Tangerang Selatan / Telp. (021) 9827 1942
 


No       : 06/PAUD.Mdn/IX/2012                                           Pamulang, September 2012
Lamp   : 1 (satu) berkas
Hal      : Permohonan Dana Bantuan Operasional



Kepada Yth. :
            Walikota Tangerang Selatan
            di-
            Tangerang Selatan


            Assalamu’alaikum Wr. Wb
Dengan hormat,
Teiring Salam dan do’a semoga Ibu selau mendapat berkah dan perlindungan dari Allah SWT, sehingga dapat menjalankan aktifitas sehari-hari. Amin
Berkaitan bahwa dengan telah berjalannya PAUD Madinah sejak Juli 2008, maka dengan ini kami Pengelola PAUD Madinah, yang beralamat di Komplek Grand ResidencePondok Cabe Blok B4 No.1, Pamulang – Tangerang Selatan, bermaksud mengajukan permohonan dana bantuan operasional untuk mendukung operasional PAUD Madinah kepada Ibu Walikota.
Untuk bahan pertimbangan Ibu Walikota, bersama ini kami lampirkan pengajuan proposal beserta lampiran lainnya.
Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan bantuan Ibu kami mengucapkan banyak terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb




Hormat kami,
Ketua PAUD Madinah




( Yulaika, S.Pd.I )
PAUD MADINAH
Sekretariat: Komplek Grand Residence Pondok Cabe Blok B4 No.1
Pamulang – Tangerang Selatan / Telp. (021) 9827 1942
 



LEMBAR PENGESAHAN


Text Box: PROPOSAL
Dana Bantuan Operasional
PAUD
Tahun 2012
 







                                                                                                            Pamulang, September 2012


Menyetujui:
Walikota Tangerang Selatan                                                               Pengelola PAUD Madinah




( Hj.Airin Rahmidiany M.Hum )                                                       ( Yulaika, S.Pd.I )




Mengetahui :
Penilik PAUD/PLS
Kota Tangerang Selatan



( K o s a s i h )
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahmat dan petunjuk-Nya sehingga Proposal PAUD Madinah Kecamatan Pamulang tahun 2012 dapat kami selesaikan meskipun dalam bentuk yang sangat sederhana.
Proposal program Dana Bantuan Operasional Lembaga PAUD Madinah Kecamatan Pamulang ini disusun sebagai suatu upaya utnuk membiayai peningkatan mutu lembaga dan melengakapi sarana / prasarana penunjang agar eksistensi PAUD dapat dipertahankan dan meningkatkan kinerja Pamong belajar sebagai tenaga Kependidikan Luar Sekolah dalam mengelola kegiatan PNFI secara profesional dan berkualitas.
Keterbatasan kemampuan yang kita miliki memungkinkan proposal ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karenanya, kami masih mengaharapkan saran bantuan perbaikan dari pihak manapun utamanya dari pihak pimpinan proyek PAUD Pusat agar dapat kami sampaikan suatu proposal yang lebih baik dan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan.
Kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini, kami ucapkan terima kasih.



Pamulang, September 2012
Pengelola PAUD Madinah



Yulaika, S.Pd.I










PAUD MADINAH
Sekretariat: Komplek Grand Residence Pondok Cabe Blok B4 No.1
Pamulang – Tangerang Selatan / Telp. (021) 9827 1942
 

PROPOSAL
Dana Bantuan Operasional
PAUD
MADINAH
Kec. Pamulang – Kota Tangerang Selatan


A.     Latar Belakang
Di era globalisasi seperti sekarang ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat cepat dan membawa dampak yang cepat pula dalam segala hal kehidupan, perkembangan ersebut telah melahirkan persaingan-persaingan.
Dan kenyataannya yang menjadi pemenang dalam persaingan-persaingan tersebut adalah mereka yang terdidik, matang dengan pengalaman, siap dan jeli dalam mengenali serta menangkap setiap perubahan. Sebaliknya, bagi mereka yang tidak memiliki dasar yang dapat dijadikan pijakan untuk menjalani hidup dan kehidupan yang lebih layak, hal ini mrupakan tantangan yang sangat berat bagi mereka.
Untuk mengatasi tantangan yang berat tersebut, pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar bagi penyiapan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang siap bersaing dalam berbagai situasi dan ini sudah dimulai sejak masa kanak-kanak.
Dijalur sekolah formal sudah dikenal pendidikan kepada kanak-kanak dilakuakan melalui Taman Kanak-kanak (TK). Dan pada jalur Pendidikan Luar Sekolah (PNFI) juga menangani hal yang demikian, yang melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diantaranya adalah Kelompok Bermain.
Usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar merupakan masa keemasan sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan manusia, yang akan menentukan perkembangan anak selanjutnya, masa ini merupakan masa yang tepat untuk meletakkan dasar-dasar pengembangan kemampuan fisik, bahsa, sosial-emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Sehingga, upaya pengembangan seluruh potensi anak usia dini harus dimulai agar pertumbuhan dan perkembangan anak secar optimal.
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ditegaskan dalam garis-garis besar Haluan Negara Tahun 1999, bahwa arah kebijakan pengembangan SDM di Indonesia mengacu pada pengembangan SDM sedini mungkin secara terarah, terpadu dan menyeluruh, malalui berbagai upaya proaktif dan reaktif oleh seluruh komponen bangsa, agar generasi muda dapat berkembang secara optimal disertai dengan hak dukungan dan lindungan sesuai potensinya.
Selain itu Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Nomor 20 tahun 2003 juga menyatakan dalam salah satu pasalnya bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakuakan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiaapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.
Bahkan berdasarkan hasil penelitian para ahli membuktikan bahwa perkembangan intelektual terjadi sangat pesat pada tahun-tahun awal kehidupan anak. rincian pertumbuhan itelektual pada anak adalah pada usia empat tahun anak sudah membentuk 50% intelegensi yang dimiliki setelah dewasa, tambahan 30% pada usia delapan tahun, dan 20% sisanya pada pertengahan akhir dasa warsa kedua. Oleh karena itu bila usia empat tahun pertama dalam perkembangan anak disebut  sebagai usia emas (golden age). Artinya pada usia-usia tersebut diperlukan bagi perkembangan anak selanjutnya.
Kecamatan Pamulan sebagi salah satu kecamtan yang berusia muda di Kota Tangerang Selatan dengan jumlah penduduk sekitar 36 ribu itu mempunyai tingkat kebutuhan cukup besar dalam mengembangakan kualitas dan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimilikinya. Karena kenyataannya upaya pengembangan wilayah harus didukung denga kesiapan SDM yang memiliki tingkat intelektual , kecerdasan, kemampuan dan kreatifitas memadai dalam merealisasikan konsep disesuaikan dengan potensi dan kondisi wilayah.
Keberadaan Pusat PAUD Madinah yang berlokasi di masyarakat Pamulang – Kec.Pamulang, diharapkan dapat ikut berkiprah dalam upaya pengembangan kualitas SDM melalui program-program pendidikan usia dini dengan menamfaatkan potensi yang ada. Salah satu program yang diselenggarakan adalah Taman Kanak-kanak (TK), program lainnya yang bersifat pembentukan karakter pada anak disesuaikan dengan kondisi usia anak tersebut.
Hal ini dengan hak anak sebagaimana yang diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa setiap anak berhak untuk hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Salah satu implementasi dari hak anak ini adalah bahwa setiap anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya.
Layanan pendidikan bagi anak usia dini merupakan bagian dari pencapaian tujuan Pendidikan Nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan dan mengkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia beriman dan bertqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, kepribadian yang mentap dan mandiri serta rasa tanggunag jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Oleh karena itu kami berusaha memberikan kesempatan yang sama kepada setiap anak, terutama dari keluarga yang kurang mampu agar dapat mengenyam pendidikan sejak usia dini.

B.      Maksud dan Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai melalui bantau ini adalah:
1.      Tujuan Umum
Secara umum tujuan dari pengajuan bantuan dana rintisan ini diharapkan dapat memberikan dorongan secara moril kepada masyarakat terutama masyarakat dan keluarga yang kurang mampu, tentang pentingnya layanan mutu pendidikan terhadap anak usia dini sehingga peningkatan kualitas intelektual dapat terwujud dengan baik.
2.      Tujuan Khusus
Secara khusus tujuan dari program yang diselengarakan melalui pengajuan dan rintisan tersebut adalah:
1.      Memperluas layanan PAUD bagi anak usia 0 – 6 tahun dari keluarga kurang beruntung / daerah khusus.
2.      Untuk membantu menyediakan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi anak usia 2-4 tahun serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak agar nantinya siap memasuki tahap pendidikan berikutnya  atau pendidikan dasar.
C.      Waktu Pelaksanaan
1.      Jadwal Program
Rintisan Program PAUD pada kelompok bermain Madinah akan dilaksanakan denga jadwal kegiatan sebagai berikut:
No.
KEGIATAN
WAKTU / BULAN PELAKSANAAN
KET
5
6
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4

1
Tahapan Persiapan














A.      Sosialisasikan
X













B.      Identifikasi

X












C.      Menyusun Program


X











D.     Persiapan Sarana /
Prasarana



X









2
Tahapan Pelaksanaan



X










A.   Menyusun Menu
Belajar














B.   Penyajian Menu Belajar



X










C.   Pemantauan



X
X
X
X
X
X
X
X
X


D.   Evaluasi Pembelajaran



X
X
X
X
X
X
X
X
X


E.    Laporan








X


X

3
Tahapan Tindak Lanjut











X














X

















2.      Jadwal Belajar
Hasil belajar merupakan penyajian menu pembelajaran yang akan dilaksanakan sebanyak 08.00 – 10.00 WIB
Jadwal Kegiatan
No
Jenis Kegiatan
Waktu
1
Sentra Sains
Senin
2
Sentra Seni
Selasa
3
Sentra Bahasa
Rabu
4
Sentra Matematika
Kamis
5
Sentra Balok
Jum’at

3.      Metode Belajar Mengajar
a.      Bercerita
b.      Bercakap
c.       Bermain peran
d.      Pemberian tugas
e.      Demonstrasi dan Eksperimen
Dengan menggunakan pendeketan Sentra Dalam Lingkungan yang diintegrasikan dengan pendidikan karakter.
E.      Penggunaan Dana
Penggunaan dana operasional penyelenggaran yang dibutuhkan untuk pengelolaan realisasi Program PAUD Madinah selama 1 tahun sebesar Rp. 13.760.000,- (tiga belas juta tujuh ratus enam puluh ribu rupiah) yang diharapkan bersumber dari bantuan pemerintah.
Dana tersebut akan digunakan untuk membiayai :
1.      Keseketariatan, Alat Bantu, Administrasi, dan ATK
2.      Kegiatan Belajar Mengajar
3.      Pemberian Makanan Tambahan





F.       Pembuatan Rencana Anggaran Belanja (RAB)
NO.
KETERANGAN
VOL
SAT.
HARGA
JUMLAH
1
Kesekratariatan, Alat Bantu Administrasi dan ATK
1
Paket
Rp. 3.500.000
Rp.  3.500.000
2
Kegiatan Belajar Mengajar
1
Paket
Rp. 3.600.000
Rp.  3.600.000
3
Pemberian Makan Tambahan
47
Anak
Rp. 15.000 @12
Rp.  8.460.000
4
Lain-lain
1
Ls
Rp. 1.200.000
Rp.  1.500.000




Jumlah
Rp. 17.060.000

Jumlah biaya operasional yang dibutuhkan (dalam 1 tahun)                 Rp. 17.060.000, -
Sumber Pembiayaan yang sudah ada (orang tua)                                  Rp.   4.700.000,-
                                                                                                                                              -
                                                                                                                 Rp. 12.360.000,-


























G.     Struktur Organisasi Lembaga
Struktur Organisasi kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) Madinah


 



































H.     Foto Copy KTP Pengelola
Foto copy KTP pengelola terlampir pada lampiran I (satu).
I.        Akte Pendiri
Akte Pendiri terlampir pada lampiran II (dua).
J.        No Rekening Lembaga
No rekening lembaga terlampir pada lampiran III (tiga)

Komentar

  1. KISAH SUKSES HONORER JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya sugen santoso cuma bisa menyampaikan melalui pesang singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS tahun 2014 yang lalu, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah SD Negeri Panggungrejo 04, Kab. Malang, Jawa Timur , Sudah 8 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs sudwidjo yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai Kepala deputi bidang mutasi kepegawaian yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk DRS SUDWIDJO KUSPRIJO MURDONO. M. SI no telf beliau: 021-4069-4000 siapa tau beliau masih bisa membantu anda wassalam.


    BalasHapus

Posting Komentar